Oleh : Titik Ariyanti, SSiT, M.Kes

Prenatal gentle yoga couple adalah yoga untuk ibu hamil yang dilakukan Bersama dengan pasangan. Pasangan dilibatkan dalam prenatal yoga agar juga dapat mempelajari bagaimana cara relaksasi saat ibu mengalami gelombang cinta (mules) dalam persalinan dan bagaimana cara mempersiapkan pasangan dalam membantu persalinan

Prenatal Gentle Yoga Couple memiliki beberapa manfaat seperti, meningkatkan kesadaran tubuh, kekuatan, stabilitas, dan relakasasi yang lebih dalam sebagai persiapan persalinan baik untuk ibu maupun ayah. Persalinan adalah kerja keras dan para wanita membutuhkan dukungan yang penuh dari suaminya. Serta manfaat lainnya seperti dapat meningkatkan produksi hormon endorphin sehingga ibu hamil lebih happy, menguatkan otot-otot tubuh serta menjaga kebugaran badan dan kesehatan ibu dan ayah, melatih kemampuan bernafas dengan tenang dan menenangkan pikiran, menguatkan hubungan ayah dan ibu dengan meningkatkan kesadaran bahwa kehamilan, persalinan, dan menyusui adalah proses yang harus dijalani bersama oleh ayah dan ibu, serta menjadi time to bonding with baby untuk ibu dan ayah dan memberikan manfaat dapat membantu meringankan ketidaknyamanan selama kehamilan dan mempersiapkan ibu dan ayah untuk momen persalinan.

Endorphin massage adalah metode pemijatan dengan teknik sentuhan ringan untuk mengelola rasa sakit serta membantu memberikan rasa tenang dan rasa nyaman pada saat menjelang atau di saat proses persalinan berlangsung. Endorphin massage dapat membantu mengendalikan emosi, frustasi, dan rasa stress yang dialami oleh ibu hamil serta membuat ibu lebih rileks sehingga perasaan tidak nyaman selama proses persalinan berkurang, mengatur produksi dari hormon pertumbuhan dan seks, mengurangi gejala-gejala yang menggangu nafsu makan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat memperlambat proses penuaan.

Prenatal gentle yoga couple dapat dilakukan setelah usia kehamilan lebih dari 36 minggu dari salah satu teknik dapat dengan menggunakan Teknik Rebozo. Teknik ini dilakukan dengan menggoyang goyangkan bagian panggul atau abdomen dengan menggunakan rebozo. Teknik ini dapat dilakukan untuk kehamilan, persalinan, setelah melahirkan (postpartum), dan bahkan untuk kesuburan. Adapun manfaat dari teknik rebozo ini adalah untuk meredakan rasa tidak nyaman pada saat kehamilan dan membantu bayi dalam kandungan untuk berada di dalam posisi yang seimbang/posisi bayi optimal, Rebozo shifting berguna untuk otot ligamen di daerah rahim, shake apple tree berguna untuk ligamen otot panggul, membantu ibu hamil yang akan melahirkan agar lebih merasa nyaman, memicu keluarnya hormon oksitosin atau hormon senang supaya persalinan ibu lebih lancar.

Teknik Rebozo dapat dilakukan setiap hari atau setiap minggu dan di sela-sela kontraksi pada fase awal proses persalinan. Penerapan teknik rebozo baiknya tidak dilakukan apabila terdapat gejala atau risiko keguguran, terjadi kram/spasme pada round ligament, didapati kondisi plasenta praevia (plasenta menutupi seluruh atau sebagian mulut rahim),  (plasenta terlepas sebagian atau seluruhnya dari perlekatannya di rahim), fetal distress (kondisi gawat bayi karena bayi kekurangan oksigen di dalam kandungan), atau cord prolapse (tali pusat menumbung, yaitu tali pusat keluar dari rahim mendahului kepala/bagian badan bayi yang posisinya paling bawah di kandungan)