Oleh: Dr. Fransiskus Christianto R, Sp.OG, M.Biomed

Memasuki bulan Ramadhan, umat Muslim berpuasa selama lebih kurang 14 jam dari sekitar pukul 4 pagi sampai pukul 6 sore. Manfaat baik puasa sudah terbukti. Penelitian menunjukkan bahwa puasa menimbulkan penurunan berat badan pada laki-­laki, namun tidak pada perempuan. Puasa Ramadhan menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida pada laki-laki maupun perempuan, namun perempuan mendapatkan manfaat tambahan berupa peningkatan HDL yang menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Puasa hanya diwajibkan bagi yang mampu menjalankan dan ada keringanan dalam kondisi tertentu di mana orang boleh tidak berpuasa, asal mengganti di hari lain. Bagaimana bila sedang hamil? Kebanyakan ibu hamil khawatir puasa akan berpengaruh kurang baik terhadap pertumbuhan janin yang dikandungnya karena pertumbuhan dan perkembangan janin menjadi kurang optimal. Juga timbul pertanyaan, apakah dengan berpuasa ibu tetap mampu menjaga kondisi fisik sebaik­‐baiknya, bukan sekedar kuat atau tidak kuat berpuasa?

Kebutuhan kalori ibu hamil dengan berat badan sekitar 60 kg kurang lebih 2600 kalori per hari, lebih tinggi daripada kebutuhan saat tidak hamil sebesar 2300 kalori per hari. Puasa memang mengurangi kecukupan kalori yang masuk pada ibu hamil, namun ternyata hal tersebut tidak berpengaruh kurang baik pada bayi. Suatu penelitian di Inggris menunjukkan bahwa puasa tidak mempengaruhi berat badan lahir bayi pada trimester berapapun dilakukan. Puasa tidak mempengaruhi kejadian bayi dengan berat lahir rendah maupun kelahiran prematur, baik dilakukan pada trimester pertama, kedua maupun ketiga. Pengaruh negatif pada janin juga tidak ditemukan baik puasa dilakukan kurang dari 10 hari, antara 10-­20 hari, maupun dilakukan penuh.

Dengan demikian sepanjang ibu kuat berpuasa, tidak sakit, dan tidak mengalami penurunan berat badan atau gangguan kehamilan yang lain, puasa Ramadhan tetap dianjurkan, meskipun tidak berdosa jika tidak berpuasa asal mengganti di hari yang lain. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan.